Lorem

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Ipsum

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Dolor

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.
 

Kerajinan Bahan Lunak

Kamis, 25 September 2014

Kedua, saya juga akan menyimpulkan materi kerajinan bahan lunak yang disampaikan oleh kelompok 1.

Bentuk produk kerajinan dari bahan lunak di Indonesia ini cukup banyak bergantung dengan bahannya yang ada di wilayahnya tersebut. Banyak wirausaha yang memanfaatkan alam di sekitar maupun dengan bahan sintestis. Ada kelebihan dan kekurangan dari bahan alam dan bahan sintetis. Kelebihan pada bahan alam adalah bentuknya lebih unik, sedangkan bahan sintetis adalah mudah didapatakan. Kekurangan pada bahan alam adalah lebih mudah cepat rusak dan susah didapat, sedangkan bahan sintetis adalah harus dicetak terlebih dahulu (seperti gips). Kerajinan dari bahan lunak misalnya:  Kerajinan tanah liat dapat diproduksi menjadi guci, keramik; Kerajinan serat alam dapat diproduksi menjadi tas, dompet; Kerajinan kulit dapat diproduksi menjadi jaket, wayang dan masih banyak lagi jenis kerajinan dari bahan lunak. Produk bahan lunak yang sederhana misalnya yaitu produk sandal.

Sandal adalah salah satu benda yang keberadaannya tak bisa lepas dari keseharian kita, karena jika kita ingin pergi kemana pun sandal akan menjadi kebutuhan sebagai alas pelindung panas dan benda-benda asing yang terdapat di jalan, dilantai atau dimanapun tempat kita berpijak, selain sebagai alas ada juga di antara kita yang memanfaatkan sandal sebagai kebutuhan fashion karena dengan model dan warna yang beragam akan menambah kesan trendy bagi si pemakai dalam setiap
langkahnya. sandal memiliki beberapa macam yaitu bakiak, klompen, patten, espadrille, huarache, may jane, dan sandal jepit.
Contoh gambar Sandal Jepit:

Contoh Produk Sandal Jepit









Produksi sandal jepit ini yang seperti gambar di atas produksinya cukup sederhana (Produksi Sandal Jepit). Meskipun sederhana, tetap kita harus memilih bahan yang bagus, nyaman, dipakai, dan ramah lingkungan. Misalnya spons, spons itu dapat didaur ulang sehingga tidak begitu membuat tercemar dan kerugian bagi wirausaha sandal. Lalu pengemasan dan penyajian harus dibuat seenarik mungkin agar banyak pelanggan yang tertarik dengan produk sandal yang telah diproduksi.

Contoh Desain Sandal

Controh Hasil Pengemasan Produk Sandal

Perawatan produk sandal ini cukup mudah yaitu dengan cara mebersihkan dengan air, dengan sabun, dikeringkan dan disimpan di tempat yang kering (di lemari sandal). Pemasaran produk bisa dilakukan dengan membuat usaha sendiri atau bisa juga hanya sebagai distributor. Untuk membuat usaha sendiri perlu diperhitungkan modal kemudian keuntungan dan kerugiannya (Perhitungan Modal), sedangkan distributor itu hanya menjual barang yang langsung jadi tanpa memproduksi barang tersebut, mislanya dengan membuka online shop.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.