Lorem

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Ipsum

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Dolor

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.
 

Produk Hewani dan Nabati

Rabu, 10 Desember 2014

Kali ini aku akan membahas tentang kelompok 7:

Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup mulai dari manusia, hewani dan nabati. Manusia dengan pintarnya dapat mengolah dan memanfaatkan hewan dan nabati menjadi makanan khas daerahnya. Indonesia, negara dengan provinsi dan kota yang sangat beragam juga memiliki makanan daerahnya masing-masing. Tak ayal, banyak wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi Indonesia untuk mencoba masakan masakan Indonesia yang terkenal sangat enak dan menggunggah selera dengan cita rasa yang khas.

Hewan dan Tumbuhan yang ada di Indonesia sangat lah bermacam-macam semuanya dapat dijadikan baik kerajinan tangan, perabotan rumah tangga maupun masakan daerah.

Masakan daerah dibagi menjadi dua macam menurut bahan ulahannya yaitu dari nabati dan hewani.Masakan dari hewani contohnya adalah dari Otak - Gulai Banak (Khas Padang), dari Mulut - Rujak Cingur (Khas Surabaya), dari Lidah - Sate Lidah Sapi (Khas Padang), dari Kulit - Kerupuk Rambak (TulungAgung), dari Iga - Iga bakar , Iga Penyet (Khas Bogor) dan Sup Konro (Khas Makkasar), dll.
Masakn  berbahan nabati adalah dari Biji  (Kacang Hijau) - Bakpia (Khas D.I.Yogyakarta), dari Buah (Nangka) - Gudeng (Khas D.I.Yogyakarta), dari Bunga (Turi Putih) - Pecel (Khas Madiun), dari Tunas (Bambu) - Lumpia Rebung (Khas Semarang), dll.

Dan pada kesempatan kali ini, kelompok tujuh akan mengupas tuntas mengenai proses pengolahan dari produk hewani yakni "Bandeng Presto" dan produk nabati yaitu"Bakpia".

Cara membuat bakpia adalah dengan membuat isinya dahulu dan dibuat bulat-bulat, kemudian membuat adonan kulit bakpia, setelah selesai potong adonan dan buat adonan menjadi bulat-bulat, masukkan isi ke adonan, lalu press adonan yang sudah diisi, beri atas adonan tersebut kuning telur, terakhir oven bakpia hingga matang. 

Tahap pengemasan merupakan tahapan penting dalam membuat suatu usaha.  Mereka mendesain kemasan dengan cantik agar pembeli tertarik dengan produk mereka. Berikut adalah desain kemasan produk kelompok tujuh.

Contoh kemasan produk hewani




Contoh kemasan produk nabati
Mereka memasarkan produk dengan membuka cabang di sidoarjo dan surabaya, mereka juga memasarkan produk mereka secara online.
Agar bakpia tahan lama, bakpia bisa disimpan di lemari es atau lemari makanan selama satu minggu agar bakpia tetap krispi dan enak. Baegitu juga dengan bandeng presto, setelah bandeng jadi, bandeng harus segera dimasukkan ke wadah dan di masukkan ke dalam lemari es.
Untuk membuat usaha ini, yang diperlukan adalah modal, tenaga kerja, bahan produksi, tempat produksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.