Lorem

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Ipsum

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.

Dolor

Delete this widget in your dashboard. This is just an example.
 

Pembudidayaan Ikan Bandeng

Rabu, 10 Desember 2014


Aku juga akan membahas bab pembudidayaan ikan bandeng pada kelompok 4:

Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya. Mulai dari produksi, pengolahan, sampai dengan pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu system bisnis perikanan. Pembudidayaan ikan kegiatan untuk membiakkan ikan serta memanen hasilnya yang kemudian akan disebar luaskan di pasaran.
Jenis-jenis ikan komsumsi banyak hidup di air payau, air laut, maupun air tawar. Namun, budidaya pembenihan ikan konsumsi banyak terdapat pada air tawar dan air payau. contoh ikan konsumsi pada air tawar adalah ikan lele, nila, patin, dll. contoh ikan konsumsi pada air payau adalah ikan kakap, kerapu, mujair, bandeng, dll. 
Pada kesempatan kali ini, kelompok 4 akan membahas tentang pembudidayaan ikan bandeng

Contoh produk ikan bandeng
Proses produksi pada pembudidayaan ikan bandeng memang cukup rumit yaitu teknik sarana dan prasarana, seleksi induk, pemeliharaan induk, penetasan telur, pemeliharaan larva dan benih, dan panen ikan bandeng. 
Metode pengemasannya dibagi menjadi 2 tipe yaitu metode terbuka dan tertutup. Pengemasan sistem tertutup yaitu pengemasan ikan hidup dengan menggunakan tempat atau wadah tertutup,udara dari luar tidak dapat masuk kedalam media tersebut. Pengemasan dengan metode terbuka yaitu pengemasan ikan hidup yang diangkut dengan wadah atau tempat yang menggunakan media air yang masih dapat berhubungan dengan udara bebas.

Contoh pengemasan produk ikan bandeng
Proses perawatan kolam ikan bandeng adalah pengaturan air, perawatan pintu dan pematang, pemupukan susulan serta pemberian pakan tambahan.
Bandeng dikonsumsi oleh seluruh golongan masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan. Konsumsi bandeng penduduk pedesaan lebih rendah dari pada penduduk perkotaan dengan perbandingan 0,884 kg/kap/th dan 1,664 kg/kap/th. Hal ini terkait dengan ketersediaan bandeng di daerah perkotaan yang cukup memadai. oleh karena itu kelompok 4 memasarkan produknya di pasar, di restoran, dan di beberapa tempat yang memiliki usaha dengan produk bandeng. kelompok 4 memasarkan bandengnya dalam berbagai bentuk, yaitu dengan bandeng yang dipanen langsung dipasarkan, bandeng dalam bentuk beku, bandeng dalam bentuk olahan makanan.


Contoh olahan produk ikan bandeng
Untuk membuat usaha sendiri perlu diperhitungkan modal kemudian keuntungan dan kerugiannya (Perhitungan Modal), apalagi pembudidayaan ikan bandeng membutuhkan modal yang cukup besar. 







0 komentar:

Posting Komentar

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.